spocjournal.com

Hubungan Wu Chang Dengan Xing Dan Wu Lun

Oleh: Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Wu Chang banyak yang menterjemahkan Lima Kebajikan, namun demikian menurut Bratayana,Xds kalau Wu Chang diterjemahkan lima kebajikan akan membingungkan karena bias dengan 八 徳 - Ba De (delapan kebajikan) karena De : itu adalah kebajikan. Sedangkan Chang itu bukan kebajikan melainkan memiliki pengertian sering, umum, rutin, konstan. Sesuatu yang sering, umum, rutin, konstan untuk dilakukan itulah Chang. Untuk itulah Bratayana,Xds menterjemahkan Wu Chang : lima pedoman.

Xing yang terdiri dari ren, yi, li, zhi menjadi Wu Chang ren, yi, li, zhi, xin (ada tambahan xin) maksudnya dengan ditambahkan Xin, bertujuan agar manusia betul-betul dapat dipercaya (xin) dalam menjalankan Xing (watak sejati) sebagai Firman Tian.Disisi lain, jika manusia menjakankan Xing nya dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, tentu dia akan dapat dipercaya (xin)

Wu Chang merupakan gagasan dari 董 仲 舒 Dong Zhong Shu (Dinasti Han) 孟子提出“仁、义、礼、智”,董仲舒扩充为“仁、义、礼、智、信”,后称“五常

Ide awalnya dari MengZi 孟子yang merumuskan Si Duan 四端(empat benih kebajikan)sebagai Ren Yi Li Zhi 仁、义、礼、智, kemudian oleh 董仲 Dong Zhong Shu dikembangkan menjadi Ren Yi Li Zhi Xin 仁、义、礼、智、信 maka disebut sebagai Wu Chang 五常. Dong Zhong Shu adalah tokoh pada zaman dinasti Han.

Yang di dalam Xing (Watak Sejati ) seorang Jun Zi ialah Ren (Cinta Kasih), Yi (Kebenaran ), Li (Kesusilaan), dan Zhi (Kebijaksanaan) .Inilah yang berakar di dalam hati, tumbuh dan meraga,membawa cahaya mulia pada wajah,memenuhi punggung sampai ke empat anggauta badan.Keempat anggota badan dengan tanpa kata-kata dapat mengerti sendiri" ( Menzi VII A : 21 pasal 4 ).

Menurut saya bahwa Wu Chang itu adalah pengembangan dari Xing. Didalam Xing yang terdiri dari Ren, Yi, Li dan Zhi itu sudah terkandung unsur Xin (dapat dipercaya). Seorang yang Cinta Kasih, Benar, Susila dan Bijaksana tentunya mereka dapat dipercaya.

Xing adalah Watak Sejati atau Roh Kebajikan atau Roh Suci yang merupakan pemberian dari Tian. Karena manusia mendapatkan Xing itulah maka manusia menjadi maklhuk yang paling mulia didunia ini yang membedakan dengan binatang.Binantang tidak memiliki Xing, maka binatang tidak beretika moral.

Xing juga merupakan dimensi etika dan juga dimensi spiritual. Artinya dalam memahami Xing tidak bisa hanya secara etika moral saja atau dipandang sebagai pedoman hidup saja, melainkan Xing mengandung filosofi dan religius. Secara filosofi Xing diartikan sebagai pedoman etika moral dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, sebagai pedoman sekaligus rambu rambu dalam berperitingkah laku khususnya dalam melakukan lima hubungan kemasyarakatan Wu Lun.

Disisi lain Xing memiliki dimensi religi yang amat dalam yakni Iman.

Ketika Zigong bertanya," Ajaran guru tentang kitab-kitab, dapat kuperoleh dengan mendengar, tetapi ajaran guru tentang Watak Sejati (Xing ) dan Jalan Suci Tian ( Tian Dao) tidak dapat kuperoleh (hanya) dengan mendengar" ( Kitab Lun Yu V : 13 ).

Ada ajaran guru yang bisa diperoleh dengan mendengar dan ada yang tidak bisa didapatkan hanya mendengar. Ajaran yang tidak hanya bisa didapat dengan mendengar itu memerlukan perenungan, memahami dengan hati dan perasaan itulah IMAN.

Kesimpulannya bahwa Xing itu memiliki 2 dimensi yakni dimensi etika moral dan dimensi Iman yang religius itu.

Bagaimana hubungan Xing dengan Wu Chang ?
Wu Chang itu sama dengan Xing yang didalamnya ada unsur Xin = dapat dipercaya.
Dapat dipercaya atau Xin menjadikan kunci dari pada pelaksanaan agar lebih mantap. Dengan Xin akan menjadikan pelaksaan dimensi iman itu lebih terlaksana dengan baik. Mengingat bahwa Iman itu mengandung Xin. Artinya bahwa Iman itu adalah kejujuran dan ketulusan dalam pengertian harfiahnya. Apabila kita mengimani dengan tulus dan benar maka kita harus meletakkan Xin sebagai kejujuran atau dapat dipercaya dalam menghadap kepada obyek iman kita yakni Tian, Tuhan Yang Maha Esa.

Aplikasi Wu Chang dalam kehidupan sehari hari ?
Segala tingkah laku dan perbuatan manusia khususnya seorang Junzi harus menjalankan dan mengamalkan unsur-unsur Wu Chang dalam kehidupan berumah tangga, bermasyarakat , berbangsa bahkan bernegara. Hubungan secara intern dalam rumah tangga bagaimana tanggungjawab suami terhadap istri dan bagaimana kewajiban istri terhadap suami semuanya di ikat oleh etika moral Wu Chang. Maka Wu Chang mencakup segala hubungan kemasyarakatan lainnya misalnya bagaimana menjalin hubungan antara atasan dan bawahan (Raja dengan Menteri), majikan dan karyawannya yang merupakan isu central dari perburuhan. Wu Chang juga memiliki peran penting dalam berbagai hubungan lainnya misalnya hubungan ayah dengan anak, kakak dengan adik dan kawan dengan sahabat. Wu Chang tidak berhenti disitu saja melainkan juga bagaimana menjalin hubungan antara guru dengan murid, rohaniwan dengan umat dan seterusnya.Wu Chang menjadi etika moral yang harus diterapkan. Hubungan hubungan itu di sebut dengan Wulun.Oleh karena itu dalam setiap hubungan Wu Lun harus dilandasi oleh etika moral Wu Chang.

 

Bagaimana huhungan dengan Tian sebagai penciptanya ?
Wu Chang adalah etika moral secara horisontal namun juga secara vertikal dengan Tian juga harus menngunakan Wu Chang
dalam menghadap Tian.

Ada Tripusaka dimana unsur Yong ( berani )yang juga harus ditambahkan dalam hubungan kemasyarakatan. Unsur berani adalah penting agar mampu merubah segala sesuatunya dengan baik.Tanpa ada keberanian aplikasi di lapangan akan sulit terwujud. Untuk menegakkan kebenaran harus ada unsur berani atau keberanian sehingga mampu menekan masyarakat atau individu lain yang gak benar menjadi benar. Unsur berani ini dalam aplikasi nyatanya mewuujud dalam bentuk undang undang atau aturan.Aturan harus ditegakkan kepada semua saja tanya perkecualian dan pernagkan Yong sangat penting untuk menegakkan kebenaran khususnya hukum.

Bagaimana hubungan dengan Tian sebagai penciptanya ?
Wu Chang adalah etika moral secara horisontal namun juga secara vertikal dengan Tian juga harus menngunakan Wu Chang
dalam menghadap Tian.

Ada Tripusaka dimana unsur Yong ( berani )yang juga harus ditambahkan dalam hubungan kemasyarakatan. Unsur berani adalah penting agar mampu merubah segala sesuatunya dengan baik.Tanpa ada keberanian aplikasi di lapangan akan sulit terwujud. Untuk menegakkan kebenaran harus ada unsur berani atau keberanian sehingga mampu menekan masyarakat atau individu lain yang gak benar menjadi benar. Unsur berani ini dalam aplikasi nyatanya mewuujud dalam bentuk undang undang atau aturan. Aturan harus ditegakkan kepada semua saja tanpa perkecualian dan penerapan Yong sangat penting untuk menegakkan kebenaran khususnya hukum .

Khusus hubungan dengan Tian maka Tripusaka yang ada unsur Yong tidak digunakan sebab manusia sebagai ciptaan Tian tidak boleh sombong dan berani kepada Tian, dia harus patuh dan sujud. Yong hanya bersifat horisontal bukan vertikal.

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Pulau Nan Indah

22-08-2017 Hits:67 Berita Foto

Pulau Nan Indah

Kami mengajak para pencinta alam Indonesia untuk berkeliling ke tiga pulau di Wilayah Sumenep-Madura.

Read more

Tokoh Matakin Berpulang

08-08-2017 Hits:1084 Berita Foto

Tokoh Matakin Berpulang

Wu Hu Ai Zai, telah kembali ke Haribaan Huang Tian, Xs Hanom Pramana Buanadjaja (Phwa Tjhiang Han/Pan Chang Han 潘昌汉)...

Read more

Nganjuk Penuh Kedamaian

27-07-2017 Hits:287 Berita Foto

Nganjuk Penuh Kedamaian

Kunjungan FKUB provinsi Jatim hari kedua di FKUB Kabupaten Nganjuk. Kunjungan di Nganjuk diterima di kantor Kesbangpol. Hadir dalam pertemuan...

Read more

FKUB Jatim Turba

26-07-2017 Hits:152 Berita Foto

FKUB Jatim Turba

Rapat koordinasi dan silaturahim FKUB Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Mojokerto, Bupati dan para Camat, Bakesbangpol,...

Read more

Di Empat Penjuru Lautan Semua Saudara

17-07-2017 Hits:294 Berita Foto

Di Empat Penjuru Lautan Semua Saudara

Awal perkenalan saya dengan Maximilian Nilsson-Ladner bermula dari email saya yang didapatnya dari Website Matakin.

Read more

Ketua Matakin Sumatra Utara Telah Tiada

11-07-2017 Hits:152 Berita Foto

Ketua Matakin Sumatra Utara Telah Tiada

Pada hari Jumat,7 Juli 2017 kita merasa terkejut ketika mendengar berita bahwa Ws. Rasmadi Ketua Matakin Provinsi Sumatera Utara telah...

Read more

Dialog Khonghucu Di Kantor Kemenag Jatim

14-06-2017 Hits:352 Berita Foto

Dialog Khonghucu Di Kantor Kemenag Jatim

Dialog Kerukunan Intern Umat Agama Khonghucu diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur pada hari Selasa, 13 Juni...

Read more

17 Perwakilan Khonghucu Di Boen Bio

05-06-2017 Hits:655 Berita Foto

17 Perwakilan Khonghucu Di Boen Bio

Surabaya, 4 Juni 2017, Sekitar 300 umat dari berbagai wilayah Jatim menghadiri kebaktian bersama di Majelis Agama Khonghucu Indonesia Boen...

Read more

Hari Lahir Pancasila

01-06-2017 Hits:205 Berita Foto

Hari Lahir Pancasila

Lima asas dalam Pancasila dijabarkan menjadi 36 butir pengamalan, sebagai pedoman praktis bagi pelaksanaan Pancasila.

Read more

Duan Wu (Peh Cun) Di Babel

30-05-2017 Hits:223 Berita Foto

Duan Wu (Peh Cun) Di Babel

Persiapan peribadatan Duan Wu diselenggarakan di kelenteng Shen Mu Miao, Tanjung Bunga Kota Pangkal Pinang bakal seru karena akan dihadiri...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 72 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com