spocjournal.com

Memahami Tian Sebagai Khalik Pencipta Alam

Oleh: Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Berbicara penciptaan alam semesta dan seisinya dan pembicaraan seputar siapa yang menciptakan alam semesta dan isinya adalah merupakan pertanyaan setiap orang khususnya mereka yang penasaran hal tersebut.

Agama Khonghucu khususnya sudah hampir 5000 tahun silam telah membahas akan kekuatan yang maha dasyat sebagai yang menciptakan alam semesta dan isinya.

Kekuatan yang maha dasyat itu memiliki sifat tidak berbentuk, tidak berbau dan tidak bisa di pahami dengan panca indra manusia namun setiap manusia bisa merasakan keberadaannya.

Sepanjang sejarah sang maha pencipta itu disebut dengan Taiji, Sang Ti, dan belakangan disebut dengan Tian yang semuanya mengacu pada satu sumber yakni Tuhan Yang Maha Esa. Seperti umat Islam menyebutnya sebagai Allah yang sebenarnya ada sebutan sebutan lain yang berjumlah 99 sebutan.

Tian sebagai Khalik Pencipta Alam Semesta dalam sejarah Khonghucu telah tersirat dan tersurat dalam Kitab Yak King atau disebut sebagai Kitab Wahyu Kejadian Semesta Alam Beserta Segala Perubahan dan Peristiwanya.

Seperti kita ketahui Kitab itu diturunkan Tian kepada Nabi Purba yakni Fu Xi ( 2953 s.M - 2838 s.M ). Kurang lebih hampir 4.970 tahun yang lalu. Tentu saja peradapan manusia yang masih primitif itu Tuhan telah berikan wahyu yang disesuaikan dengan kondisi Nabi baik bahasa maupun model wahyunya. Pada waktu itu belum ada huruf yang sempurna seperti pada saat sekarang sehingga wahyu itu turun dalam bentuk lambang lambang dan gambar. Lambang dan gambar itu diterjemahkan dan di tafsir oleh para nabi waktu itu agar bisa dipahami oleh umat manusia.

Nabi Fu Xi dalam perjalanannya dan sampai di tepi Sungai Kuning, dari dasar sungai itu mendadak muncul hewan ajaib berwujud kuda tetapi berkepala naga, maka disebut dengan Kuda Naga; dan; di punggungnya nampak mendukung benda yang berlukiskan titik-titik yang berjumlah gasal dan genap .Gasal adalah lambang YANG, positif, dan genap adalah lambang IM, negatif.

Lambang dan gambar tersebut menjadi ajaran sekaligus pernyataan Tian kepada kita semua bahwa Tian adalah Maha Pencipta dan sekaligus sebagai Maha Pemberkah.

1.Taiji = Tian
Dalam Kitab Yak King bahwa Pencipta itu disebut Qian,sedangkan ciptaannya di sebut Kun. Qian itu lambang dari langit ,sedangkan Kun lambang dari bumi. Namun demikian sangat salah bila kemudian lambang Langit menjadi simbul dari Tian yang maha esa dalam pengertian fisik. Dalam bahasa sehari hari banyak kesalahpahaman mengartikan Tian dengan lambang Langit yang memiliki pengertian fisik langit. Kalau Langit diartikan sebagai penguasa alam semesta yaang maha segalanya, maka tidak salah bahwa banyak menyebutkan bahwa Tian = Langit dalam pengertian bukan fisik.

Taiji sebagai Tian mulanya dalam lambang dan gambar lingkaran bulat yang disebut dengan Maha Kosong. Maha Kosong, tidak ada sesuatu.Dalam pengertian ini bahwa Tuhan belum bisa kita bandingkan dengan lainnya. Karena yang lain belum ada maka disebut Wu Ji. Setelah Tuhan menciptakan sesuatu maka barulah ada pembandingnya. Tian bila dibandingkan dengan ciptaannya, menjadikan Tian itu maha agung, maha tinggi, maha ada yang disebut dengan Taiji.

Menurut Prof.Lee.T.Oei bahwa abad sebelas lima guru Ahala Sung Utara yakni Chou Tun-i , Ch'eng Hao, adiknya Ch'eng I, Chang Tsai dan Shao Yun telah membahas pengertian tentang asas dan alam segala sesuatu yang terkenal sebagai Hsing-li hsueh (Agama alam dan asas )( Lee.T.Oei, Chu Hsi dan Penyempurnaan Agama Khonghucu,Matakin,2001.p 6 ).

Bagaimana menghubungkan Azas dengan menyimpulkannya sebagai Tian ? Ini butuh keberanian sekaligus butuh kecermatan. Terjemahan Matakin rupanya mengacu pada mepikiran ini.Tokoh kita Xs.Tjhie Tjay Ing juga dengan berani mengatakan dalam menafsir kitab Yak King akan prima causa yakni Tian sebagai pencipta segala alam dan seisinya .

Tida benda dan apapun yang kasat mata itu tanpa Tian sebagai Maha segalanya. Itulah yang menurut Prof.Lee T.Oei bahwa adanya benda pasti adanya Asas.Asas itu mendahului benda. Sebenarnya pemahaman azas itu adalah suatu istilah untuk mempermudah menjelaskan bubungan benda dengan penciptanya. Azas selalu ada dalam benda dan lebih dahulu dari pada benda.Tidak ada sesuatu benda yang kasat mata itu tanpa adanya Asas, itulah yang tidak kelihatan dan tidak bisa dilihat dengan mata, tidak bisa di indera dengan panca indera manusia, tetapi keberadannya bisa dirasakan, itulah Tian .

Cho Tun-i membahas tentang Bagan Mutlak Besar ( T'ai-chi / Taiji ) yang dianggap sebagai Tuhan Yang Maha Esa. T' ai -chi/ Taiji menciptakan Yang (tenaga jagat giat) dan Yin ( tenaga jagat tak giat )( p. 6).

Chu Hsi sepaham dengan azas Ch' eng bersaudara dimana seluruh gerakan Agama Konfuciani dikenal sebagai Li-hsueh (pengkajian azas ) dan Mazhab Ch'eng- Chu ( p8).
Chu Hsi mengatakan," Di dalam alam semesta belum pernah terdapat tenaga kebendaan tanpa azas atau azas tiada tenaga kebendaan. Azas dan tenaga kebendaan tidak pernah terpisah. Pada hakekatnya azas memerlukan tenaga kebendaan" ( p 11).

Segala sesuatu sebelum ada maka azas itu sudah ada lebih dahulu, termasuk sebelum adanya langit dan bumi, maka terdapat azas lebih dahulu. Azas inilah yang lebih dahulu ada sebelum sesuatu ada.

Bagaimana menghubungkan Azas dengan menyimpulkannya sebagai Tian ? Ini butuh keberanian.
Terjemahan Matakin rupanya mengacu pada mepikiran ini.Tokoh kita Xs.Tjhie juga dengan berani mengatakan dalam menafsir kitab Yak King akan prima causa yakni Tian sebagai pencipta segala alam dan seisinya.Mutlak besar dalam pandangan Chu Hsi menurut Prof.Lee T.Oei seperti yang tertera dalam Kitab Zhong Yong yang bersifat tidak bersuara dan tidak bahu. Dalam Kitab itu diterjemahkan Matakin adalah Tian dengan berbagai sifatnya (p.15).
Kesimpulannya bahwa Taiji itu TIAN kalau dikaitkan dengan Zhong Yong Bab XV .
Dilihat tidak nampak, didengar tidak terdengar, namun tiap wujud tiada yang tanpa Dia ( ZY XV : 2).

2.Sang Ti = Tian
Sebutan Sang Ti juga sering muncul yang tidak lain adalah Tian,Tuhan Yang Maha Esa.

Mohisme tokohnya Mo Tzu memandang bahwa alam semesta ini diperintah oleh Shang Ti, penguasa di Ketinggian, suatu dewa sebagai pribadi yang "sangat mencintai manusia,mengatur matahari, bulan, dan bintang bintang, menurunkan salju, butiran es, hujan dan embun,membangun bukit bukit dan sungai,ngarai, dan lembah lembah, mengangkat para bangsawan untuk memberi ganjaran pada mereka yang baik dan menghukum mereka yang jahat.Ia mencintai seluruh dunia ini.Segala sesuatu disiapkan untuk kepentingan manusia ( Huston Smith,Agama Agama Manusia p.203).

Sang Ti yang memiliki kekuasaan akan segala jalannya peredaran matahari dan bumi adalah mengacu pada istilah Tian itu sendiri.

3. Sang Ti= Taiji = Tian Sang Ti, Taiji,Tian adalah sekedar nama yang pada intinya adalah Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.
Maha besar Qian, Khalik Yang Maha Sempurna; berlaksana benda bermula daripadaNya : semuanya kepada Tian ,Tian Tuhan Yang Maha Esa. Jalan suci Qian, menjadikan perubahan dan peleburan: menjadikan semua masing-masing menepati/lurus dengan Watak Sejati dan Firman ; melindungi /menjaga terpadu dengan keharmonisan agung sehingga membawakan berlah, benar dan teguh (Sabda I :1,4 ).

Jadi ada beberapa nama Tuhan diantaranya Tian, Sang Ti, Qian, Taiji, atau Langit dalam pengertian bukan fisik, tetapi pencipta.

4. Tian, dan kuasaNya
Firman Tian (Tian Ming) adalah Xing yang menjadi hakekat kemanusiaan. Dalam pengertian Tian ming ,Tian sebagai pencipta, Tian sebagai Pemberkah, Tian sebagai penentu hidup dan mati dan Tian sebagai memerintah manusia untuk mengabdi kepadaNya.

Dan Tian menjadikan manusia paling mulia didunia ini.

Dalam pengertian diatas maka Tian adalah sebagai Tuhan Yam Maha Esa yang sama dengan Allah pada agama Islam. Tian tidak berwujud dan tidak boleh diperkirakan. Panca indera manusia tidak dapat menjangkau Tian, tetapi setiap manusia sujud dan sembah kepadaNya.Demikian Tian sebagai sumber pahala dan berkah kepada manusia.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Pulau Nan Indah

22-08-2017 Hits:67 Berita Foto

Pulau Nan Indah

Kami mengajak para pencinta alam Indonesia untuk berkeliling ke tiga pulau di Wilayah Sumenep-Madura.

Read more

Tokoh Matakin Berpulang

08-08-2017 Hits:1084 Berita Foto

Tokoh Matakin Berpulang

Wu Hu Ai Zai, telah kembali ke Haribaan Huang Tian, Xs Hanom Pramana Buanadjaja (Phwa Tjhiang Han/Pan Chang Han 潘昌汉)...

Read more

Nganjuk Penuh Kedamaian

27-07-2017 Hits:286 Berita Foto

Nganjuk Penuh Kedamaian

Kunjungan FKUB provinsi Jatim hari kedua di FKUB Kabupaten Nganjuk. Kunjungan di Nganjuk diterima di kantor Kesbangpol. Hadir dalam pertemuan...

Read more

FKUB Jatim Turba

26-07-2017 Hits:151 Berita Foto

FKUB Jatim Turba

Rapat koordinasi dan silaturahim FKUB Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Mojokerto, Bupati dan para Camat, Bakesbangpol,...

Read more

Di Empat Penjuru Lautan Semua Saudara

17-07-2017 Hits:293 Berita Foto

Di Empat Penjuru Lautan Semua Saudara

Awal perkenalan saya dengan Maximilian Nilsson-Ladner bermula dari email saya yang didapatnya dari Website Matakin.

Read more

Ketua Matakin Sumatra Utara Telah Tiada

11-07-2017 Hits:151 Berita Foto

Ketua Matakin Sumatra Utara Telah Tiada

Pada hari Jumat,7 Juli 2017 kita merasa terkejut ketika mendengar berita bahwa Ws. Rasmadi Ketua Matakin Provinsi Sumatera Utara telah...

Read more

Dialog Khonghucu Di Kantor Kemenag Jatim

14-06-2017 Hits:352 Berita Foto

Dialog Khonghucu Di Kantor Kemenag Jatim

Dialog Kerukunan Intern Umat Agama Khonghucu diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur pada hari Selasa, 13 Juni...

Read more

17 Perwakilan Khonghucu Di Boen Bio

05-06-2017 Hits:655 Berita Foto

17 Perwakilan Khonghucu Di Boen Bio

Surabaya, 4 Juni 2017, Sekitar 300 umat dari berbagai wilayah Jatim menghadiri kebaktian bersama di Majelis Agama Khonghucu Indonesia Boen...

Read more

Hari Lahir Pancasila

01-06-2017 Hits:205 Berita Foto

Hari Lahir Pancasila

Lima asas dalam Pancasila dijabarkan menjadi 36 butir pengamalan, sebagai pedoman praktis bagi pelaksanaan Pancasila.

Read more

Duan Wu (Peh Cun) Di Babel

30-05-2017 Hits:223 Berita Foto

Duan Wu (Peh Cun) Di Babel

Persiapan peribadatan Duan Wu diselenggarakan di kelenteng Shen Mu Miao, Tanjung Bunga Kota Pangkal Pinang bakal seru karena akan dihadiri...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 69 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com