spocjournal.com

Bersama Setiadi Joyosentoso

Setiadi Joyosetoso bos PT.Surya Putra Barutama yang beralamat di jalan Kedurus 23 adalah sosok seorang bisnisman yang merangkak dari nol. Tidak ada seorang besar dan sukses kalau tidak dijalani dari kecil. Bisnis karoseri-nya terus melambung seiring dengan kepercayaan masyarakat. Bisnis harus dilandasi oleh kepercayaan. Dengan modal kepercayaan dan ketekunannya, beliau akhirnya menjadi seorang pengusaha yang sukses dibidangnya.

Beberapa tahun lalu hampir 17 tahun silam. Saya sudah kenal dengan beliau karena semua pesanan dum truck dari Papua kami buatkan di perusahaan beliau. Sungguh saya harus kagum dengan beliau dimana setiap tahun ketika saya datang di pabriknya selalu ada perubahan. Memang hidup itu harus berubah kalau kita mau maju. Ciri khas perusahaan yang maju dan sehat adalah change, yakni perubahan. Setiadi Joyosentoso mampu melakukan change dengan cepat sekali. Kujungan saya pertama kali kesana terlihat pabrik dan kantor yang cukup sederhana, namun keunjungan saya ke dua kali dan seterusnya selalu berubah. Pabrik semakin besar, kantor semakin besar serta omset produksi semakin besar pula. Indikasi tersebut mencerminkan bahwa usaha dan bisnis Setiadi Joyosentoso semakin besar dan semakin sukses.

Perubahan semakin besar menjadi ukuran keberhasilan dan kesuksesan Setiadi Joyosentoso. Dalam teori entrepreneurship bahwa seorang pengusaha sukses itu harus memiliki cita-cita yang tinggi dan mengejarnya melalui berbagai cara baik efisiensi produktivitasnya maupun upaya pembenahan manajemen secara keseluruhan. Apa yang telah beliau lakukan dengan meningkatkan kualitas produksinya serta harga yang pantas akhirnya banyak perusahan maupun pelanggan yang tetap memilih perusahaannya dalam menjatuhkan pemesanannya. Tak heran bila banyak sertivikat yang beliau raih baik ISO maupun serivikat dari beberapa perusahan asing terkenal. Sampai sampai perusahaan otomotif Jepang terkenal pun memberikan penghargaan kepada perusahaan yang beliau pimpin.

Bisnis bukan sekedar mencari keutungan sebesar besarnya. Bisnis adalah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Kesadaran itu telah ditanamkan beliau sejak dari muda. Oleh karena itu bagi beliau yang lebih dipentingkan adalah jalinan (hubungan baik) dimana bahwa bisnis itu mencari teman bukan mencari pesaing. Dengan prinsip hidupnya tentang bisnis tersebut menjadikan banyak teman dalam berbisnis. Tak heran bahwa semua order yang masuk didapatkan dari sahabat dan kerabatnya. Dari cara beliau menjalin hubungan dengan sahabat dan kolega kokega bisnisnya melalui pendekatan kekeluargaan itulah menjadi landasan sukses beliau.

Beliau tidak perhitungan dalam menjalin hubungan kepada sahabat dan kerabatnya. Entertainment yang dilakukan tanpa memikirkan berapa biaya yang dikeluarkan dan tanpa meghitung berapa jumlah yang harus kembali. Beliau hanya mencoba memberikan orang lain puas ketika berjumpa dengannya , beliau juga berusaha agar apa yang dilakukan menyenangkan orang lain. Ternyata prinsip yang beliau lakukan merupakan bagian dari cara beliau menjamu pelanggan pelanggannya seperti beliau memperlakukan terhadap keluarganya sendiri.

Kepercayaan, kekeluargaan dan perubahan (change) secara terus menerus menjadi landasan dalam beliau berbisnis. Jika bisnis dilandasi pada ketiga prinsip diatas akan langgeng dan sukses.

Di usianya yang sudah menginjak 61 tahun beliau tetap memiliki energi yang prima karena beliau membiasakan diri jalan sehat setiap pagi. Tidur lebih awal dan bangun pagi pagi akan memicu semangat dalam bekerja. Penjagaan tubuh agar tetap bugar menjadi bagian dari hidupnya. Beliau tidak akan menyia nyiakan waktu kerjanya untuk bekerja, meski ada waktu waktu tertentu yang hilang dalam pekerjaannya karena beliau bepergian, namun beliau akan mengganti waktu hilangnya itu dengan bangun pagi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Sikapnya yang tegas tetapi halus, beliau mampu mengendalikan emosinya dalam setiap ada masalah pekerjaan yang timbul.Kejujurannya berkata kata bila dia tidak suka kepada seseorang dan kejujurannya mengungkapkan kebenaran menjadikan beliau seorang yang terus terang (tidak basa-basi ).

Meskipun beliau suka humor tapi soal pekerjaan akan meletakkan semua karyawannya pada tanggung jawabnya masing masing. Beliau bisa marah demi membenarkan pekerjaan tapi beliau akan juga membimbing dan menuntun setiap karyawannya. Apa yang sudah diucapkan menjadi janji yang harus dilaksanakan. Sikao yang demikian itu mencerminkan seorang yang konsekwen dalam ucapan dan tindakan. Tak heran bila beliau sangat dihormati dan disegani oleh kolega kerja dan sahabat sahabatnya. Baginya orang itu harus bonafit meski tidak harus kaya.Banyak orang kaya yang tidak bonatif. Menjaga nama baik dan menghormati teman serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan secara kekeluargaan itulah beliau menjadi orang yang sangat berkepribadian.

Meski usaha dan bisnis nya melambung dengan cepat, beliau tetap Low profil dan tidak sombong. Pada suatu hari beliau pernah dibohongi oleh pemborong dan membawa uang beliau, ketika beliau junpa dengan pemborong tidak menampakkan emosinya. Beliau bahkan dengan humornya menyindir yang bersifat membangun. Sekali disakiti seumur hidupnya sudah tidak percaya. Kepercayaan menjadi hal utama dalam hidup ini lebih lebih dalam dunia bisnis.

 

Photo ketika berada di jalan Khatulistiwa. Jarum titik pusat Khatulistiwa di Siantan Pontianak.

 

Photo di Makau

Dari kiri Yudoyono, Ongky, Emy, Setiadi Joyosentoso, Daniel dan Jab

 

 

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:87 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:237 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:320 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:256 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:134 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:98 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:118 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:137 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Bersama Setiadi Joyosentoso

04-03-2018 Hits:553 Berita Foto

Bersama Setiadi Joyosentoso

Setiadi Joyosetoso bos PT. Surya Putra Barutama yang beralamat di jalan Kedurus 23 adalah sosok seorang bisnisman yang merangkak dari...

Read more

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

03-03-2018 Hits:265 Berita Foto

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

Pagi ini rombongan menuju pasar tradisionil. Pasar tersebut tidak seperti pasar lainnya yang kelihatan jorok. Di dekat pasar ada bubur...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 45 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com