spocjournal.com

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

Ujian terbuka ini sudah pernah dilakukan di Pangkal Pinang Bangka Belitung dan menghasilkan rohaniwan sebanyak 6 rohaniwan dari 14 calon rohaniwan yang diuji. Meskipun semua syarat administrasi telah terpenuhi belum tentu calon rohaniwan bisa lulus semua.

Ada kalanya calon rohaniwan gagal pada proses wawancara. Proses.wawancara bisa juga menggagalkan calon rohaniwan apabila alasan dan motivasi menjadi rohaniwan tidak jelas.

Saat sekarang seleksi calon rohaniwan lebih teliti dan bersifat terbuka sehingga sangan wajar apabila banyak muncul protes dan masukan kepada Matakin apabila ada calon rohaniwan tidak pas. Namun demikian kita semua harus menyadari bahwa proses seleksi pencalonan rohaniwan tidak boleh di intervensi bahkan di stop di tengah jalan. Biarkanlah mekanisme itu berjalan sesuai prosedur yang berlaku.

Semua saja boleh untuk memberikan masukan kepada Kabid agama dengan catatan secara resmi bukan bicara di media sosial yang tidak jelas ujung ujungnya.
Atau bisa juga WA secara khusus kepada kami, kami tidak menutup segala masukan dan kritikan.

Pada hari ini ada 2 calon rohaniwan yang diuji di Lithang Kahauripan Gunung Sindur yakni 1.Kristan 2.Law A Tju (calon susulan) yang baru saja diwawancari oleh Js.Sudiandi dan Ws.A Hay via telpon. Juga diwawancarai oleh Xs.Eka Wijaya,Ws.Wichandra serta Ws.Verry .

Penguji yang hadir terdiri dari Ketua Dr.Drs.Ws.Ongky SK,SH,MM dan anggota Ws.HT.Saputra ,SH dan Ws.Hariyanto,SH yang sebelumnya Ws.Mulyadi Liang telah mengundurkan diri.

Berbagai hal yang diujikan dari motivasi menjadi rohaniwan hingga apa yang akan dilakukan kelak ketika menjadi rohaniwan. Sikap dan perilaku Junzi rohaniwan serta kemampuan minimal yang di miliki rohaniwan.

Penguji memakai baju kebesaran rohaniwan changzan dan perlengkapan Hong Ling Dai sedangkan calon rohaniwan memakai baju putih dan bawahan hitam.

Proses ujian sangat menarik karena semua orang khususnya umat bisa menyaksikan ujian tersebut. Semoga model dan tata cara baru ini bisa dipahami oleh semua rohaniwan secera keseluruhan.Mudah mudahan dengan model baru ini akan lebih selektif dan mampu menghasilkan rohaniwan yang pembelajar, selalu belajar untuk menyempurnakan diri.

Siang ini seusai kebaktian, telah dijuji calon rohaniwan dengan lancar. Hasilnya adalah baik Kristan maupun Law A Tju sama sama lulus, namun demikian karena Kristan masih memiliki PR yang harus diselesaikan agar bisa diangkat menjadi rohaniwan. PR tersebut sebagai hal wajar agar kelak kalau menjadi rohaniwan harus ada perubahan (change ) mental dan spiritualnya dimana lebih membina diri menjadi seorang Junzi.

PR tersebut pernah juga diberikan kepada beberapa calon rohaniwan dari Pangkal Pinang Bangka Belitung sehingga ada dari mereka yang dengan hati lapang menyadari kekurangannya dan mau melajar menyempurnakan dirinya kelak kemudian hari setelah siap menjadi rohaniwan akan dilantik.

Apa yang diputuskan oleh team penguji kepada Kristan jangan lagi dikomentari yang negatif, tapi ini menjadi pembelajaran sekaligus mendorong Kristan untuk mencapai target yang diinginkan.

Dengan PR ini menjadi bagian dari ujian Kristan untuk lebih mempersiapkan diri untuk menjadi rohaniwan.

Makna rekomendasi penundaan Li Yuan adalah keputusan yang harus dihargai oleh siapapun baik Kristan sendiri maupun para reporternya baik pro maupun kontra.

Mari kita menghargai segala keputusan oleh team penguji dengan legowo. Segala kebijaksanan tentu membawa dampak positif dan negatif, tapi kita yakin bahwa apa yang telah diputuskan tentu hasil akhir dari perenungan dan kebijksanan team penguji.

 

 

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Ketua Matakin Babel Turba Lagi

14-01-2018 Hits:163 Berita Foto

Ketua Matakin Babel Turba Lagi

Pengurus Matakin Prov Bangka Belitung, Dq. Tjhia Tet Hian, Dq. Suryanto Chandra, Js. Ngiat Hiung, Js. Jony Periady, dan beberapa...

Read more

Mengapa Ujian Rohaniwan Di Gunung Sindur ?

11-01-2018 Hits:183 Berita Foto

Mengapa Ujian Rohaniwan Di Gunung Sindur ?

Dalam khotbah Dr Ws.Ongky bercerita ketika nabi Konzi di negeri Chou mengatakan tiga hal yakni 1.dipadatkan 2. dimakmurkan 3. diberi...

Read more

Pembukaan Tahun Persatuan di Keuskupan Agung Jakarta

08-01-2018 Hits:385 Berita Foto

Pembukaan Tahun Persatuan di Keuskupan Agung Jakarta

Gereja Keuskupan Agung Jakarta, menyelenggarakan pembukaan tahun Persatuan secara serentak diseluruh penggembalaan gereja - gereja se-Keuskupan Agung Jakarta pada hari...

Read more

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

07-01-2018 Hits:291 Berita Foto

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

Ujian terbuka ini sudah pernah dilakukan di Pangkal Pinang Bangka Belitung dan menghasilkan rohaniwan sebanyak 6 rohaniwan dari 14 calon...

Read more

Rohaniwan Taat Asas

07-01-2018 Hits:123 Berita Foto

Rohaniwan Taat Asas

DAK Diklat Agama Khonghucu adalah salah satu program Matakin Pusat di bawah pengawasan Kabid Agama adalah progran pendidikan dan pelatihan...

Read more

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:700 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:1017 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:172 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:299 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:187 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 451-460

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 8 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com