spocjournal.com

Rohaniwan Taat Asas

DAK Diklat Agama Khonghucu adalah salah satu program Matakin Pusat di bawah pengawasan Kabid Agama adalah progran pendidikan dan pelatihan rohaniwan untuk menghadapi tantangan dan perubahan jaman. Tentu saja tujuannya untuk meningkatkan spiritualitas dan religiusitas umat melalui rohaniwannya. Program ini dirancang sejak tahun 2015 melalui penggodokan temu Xue Shi di Solo. Hasil pertemuan tersebut menghasilkan juklak tata cara pengangkatan rohaniwan yang didalamnya ada program DAK. Meski keputusannya pada tanggal 16 Mei 2015 namun program DAK tersebut praktis berlaku pada awal 1 Januari 2016. Meskipun berlaku pada awal tahun 2016 namun demikian khusus Pangkal Pinang mèngadakan di akhir tahun 2015. Matakin Pangkal menginginkan program yang telah diputuskan melalui Temu Xue Shi tersebut bisa berjalan lebih awal. Maka salah satu daerah yang pertama kali menyelenggarakan DAK adalah Matakin Pangkal Pinang.

Disela sela DAK juga diadakan Harlah Nabi Kongzi pertama yang dihadiri lebih dari seribu orang simpatisan. Sejak DAK di Pangkal Pinang tersebut akhirnya diikuti DAK di Banten, Berau Kaltim ( diadakan oleh Matakin Kaltim), DAK di lanjutkan 2x berturut turut di Jabar. Pada Akhir tahun 2017 diadakan DAK Jatim dan Jateng di Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban. Dalam temu Xue Shi di Solo mei 2015 Deroh dan DP telah menandatangai kesepakatan Juklak tersebut yang akhirnya menjadi program nasional yang dijalankan oleh Kabid Agama.Dalan tanda tangan tersebut DXS.Tjhie Tjai Ing juga ikut menandatangani . Maka DAK adalah salah satu program yang menjadi amanah bapak Khonghucu Indonesia DXS.Tjhie Tjay Ing. Beliau telah meninggalkan kita semu pada saat beliau masih menjabat Deroh Matakin . Kita sebagai generasi muda penerus perjuangan, wajib kiranya mendukung DAK sebagai bagian dari rohaniwan taat asas. Maka semua rohaniwan mestinya mendukung program DAK ini sebagai bagian dari upaya menuju masa depan agama Khonghucu. Kita sebagai generasi muda penerus perjuangan, wajib kiranya mendukung DAK sebagai bagian dari rohaniwan taat asas. Maka semua rohaniwan mestinya mendukung program DAK ini sebagai bagian dari upaya menuju masa depan agama Khonghucu. Disamping kita mendukung DAK tentunya kita sebagai rohaniwan wajib menjalankan garis garis yang telah ditentukan sebagai bagian dari kesepakatan kita bersama dalam Musyawarah Nasional yang menghasilkan keputusan keputusan penting menjadi pedoman pra rohaniwan untuk dijalankan secara bersama sama.

Matakin Sebagai Lembaga Agama

Para rohaniwan yang diangkat oleh Matakin sebagai lembaga agama wajib taat dan patuh pada ketentuan yang telah dibuat bersama. Rohaniwan yang taat asas tentunya akan menghormati lembaganya dan menjaga nama baik almamaternya. Alm.DXS.Tjhie Tjay Ing sepanjang hidupnya mengabdikan diri pada agama Khonghucu. Beliau sepanjang hidupnya mengabdikan diri pada Matakin sebagai lembaga agama satu satunya di Indonesia.

Hasil dari Rakernas Rohaniwan di Jakarta dengan tegas menghasilkan keputusan bahwa para rohaniwan sepakat untuk tetap setia pada Matakin serta menolak organisasi rohaniwan diluar Matakin.Tujuannya agar tidak terjadi perpecahan.

Semua masalah yang timbul dimusyawarahkan bersama dalam Musyawarah Nasional sebagai tempat pengambilan keputusan secara bersama sama. Ketaatan dan kedisiplinan rohaniwan Khonghucu dengan menghormati keputusan bersama bagian dari taat asas.

Saatnya kita bersama sama kembali ke pangkuan Matakin untuk membangun agama Khonghucu di Indonesia. Kita telah memiliki seragam rohaniwan yang juga telah kita sepakati bersama dengan asesoris Hong Ling Dai.Maka untuk keseragaman rohaniwan di seluruh Indonesia seyogyanya semua rohaniwan bisa melaksanakan apa yang sudah kita sepakati.

 

 

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:17 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:87 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:212 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:293 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:352 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:294 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:166 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:134 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:150 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:168 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 111 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com