spocjournal.com

Tokoh Matakin Berpulang

 

Wu Hu Ai Zai
Telah kembali ke Haribaan Huang Tian, Xs Hanom Pramana Buanadjaja (Phwa Tjhiang Han/Pan Chang Han 潘昌汉) lahir 1952, usia sekarang 65 tahun (adik dari Xs Buanadjaja / Xs Bing).

Beliau meninggal dunia di rumah sakit Panti Nirmala sekitar pukul 12.26 pada hari senin, 7 Agustus 2017. Semoga almarhum diterima disisi Tian YME dan keluarga yang di tinggalkan mendapatkan keluatan iman serta mampu melanjutkan cita luhur Almarhum. Shanzai.

Berita berpulangnya Xs Hanom Pramana Buanadjaja telah mengagetkan kami semua mengingat bahwa pada hari sabtu tanggal 5 agustus
2017 beliau masih melakukan aktifitas biasa yakni aktif dalam kegiatan lintas agama. Bahkan WA terakhir kepada Kabid Agama Ws.Ongky sebagai berikut :

"WDDT, Wenshi tadi telpon ada yang bisa saya bantu. Maaf tadi dalam perjalanan ke undangan MUI ". Itulah kata kata terakhir yang bisa saya dapatkan.

Xs.Hanompramana Buanadjaja. Lahir di rumah keluarga Jalan Semeru 27, kota Malang, 28 Oktober 1952, Shio: Liong (naga). Xs Hanom lahir dengan nama Phwa Tjhiang Han dari Ibu Lilik Setiawa to Hardopramono, ayah Pusakaputra Buanadjaja. Menjadi anak kedua dari dua bersaudara bersamaan satu satunya kakak laki laki (Xs. Buana djaja Bingsidartanto)

Xs Hanom mendapatkan gelar kerohniwan bersama para senior pengurus MATAKIN dan MAKIN se Jatim, Tahun 1971 Pendidikn Rohaniwan tingkat pertama untuk menca pai gelar Kausing (Jiaosheng). Pendidikn Rohaniwan se Jatim dan Bali tingkat kedua tahun 1973 untuk mencapai gelar Bunsu (Wenshi), sambil beliau menye lesaikan pendidikan teknik sipil di Univeritas Merdeka Malang tahun 1979. Xs.Hanom mahir menabuh gamelan dan bergabung dalam Karawitan Kelenteng Eng An Kiong Malang Anggota aktif FKUB di Malang raya. Beliau juga dikenal sebagai budayawan Jawa & pemer hati Keris Nusantara karya seni para empu berbagai suku tanah air Indonesia.

Beliau bersama cendekiawan MATAKIN Bratayana Ongkowijaya,SE, XDS sempat mencipta beberapa lagu rohani, yang popular sekali di kalangan muda mudi Khonghucu di Jawa Timur, sekaligus Xs Han terkenal sebagai pemain keyboard dan penyanyi merangkap MC professional di kota kelahirannya, Malangkucecwara.

Xs.Hanom aktif dalam pelatihan dan pendidikan Rohaniwan Pembina Jatim yang diadakan oleh Matakin di Trawas. Beliau bersama Xs.Antonius dan Xs.Endong sangat loyal terhadap Matakin. Bagi beliau bahwa patuh pada azas organisasi merupakan kewajiban bagi seorang Junzi.

Sebagai Xue Shi yang benar benar belajar agama Khonghucu dan menguasai agama Khonghucu, beliau adalah guru tauladan bagi kita semua.

Meski kapasitas ilmunya mumpuni, beliau tidak pernah sombong. Sikapnya yang tegas dalam bertindak, beliau berani meluruskan segala persoalan dengan tegas.

Matakin adalah harga mati yang harus diperjuangkan. Jangan sampai ada sikap dan tindakan yang justru melemahkan Matakin salah satu majelis agama Khonghucu. SIkap tegas Xs.Hanom menjadikan rujukan bagi rohaniwan Jatim ketika beliau masih hidup

Sekarang beliau telah meninggalkan kita semua. Semoga cita- cita dan jasa beliau semasa hidupnya terus bergelora bagi generasi muda Khonghucu. Kita semua merasa kehilangan tokoh Khonghucu sebagai panutan kita semua. Semoga apa yang telah dilakukan almarhum akan menjadi obor yang selalu menerangi umat Khonghucu. Kenangan semasa beliau masih hidup ( photo ujung kiri ).

 

Wu hu ai zai.
Kami atas nama BP MATAKIN Jatim turut berbela sungkawa atas berpulangnya Keharibaan Tian Yang Maha Gemilang Xs Hanompramana Buanajaya

Kiranya arwahnya diberikan tempat yang terbaik di alam Xian Tian serta keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kekuatan dan ketabahan Iman. Shanzai (Ketua Matakin Jatim Dr.Ws.Ongky SK).

Semoga Huang Tian Memberikan Tempat yang terbaik bagi arwah alm Xs Hanom di alam Xian Tian sehingga beroleh ketenangan dan kedamaian selalu. Wu Hu Ai Zai. (An Xs.Eka Wijaya dan Keluarga).

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:203 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:292 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:351 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:293 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:163 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:131 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:148 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:167 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Bersama Setiadi Joyosentoso

04-03-2018 Hits:588 Berita Foto

Bersama Setiadi Joyosentoso

Setiadi Joyosetoso bos PT. Surya Putra Barutama yang beralamat di jalan Kedurus 23 adalah sosok seorang bisnisman yang merangkak dari...

Read more

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

03-03-2018 Hits:305 Berita Foto

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

Pagi ini rombongan menuju pasar tradisionil. Pasar tersebut tidak seperti pasar lainnya yang kelihatan jorok. Di dekat pasar ada bubur...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 16 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com