spocjournal.com

Nganjuk Penuh Kedamaian

Kunjungan FKUB provinsi Jatim hari kedua di FKUB Kabupaten Nganjuk. Kunjungan di Nganjuk diterima di kantor Kesbangpol. Hadir dalam pertemuan bapak Jonathan.

Kepada Badan Kesbangpol Provinsi Jatim, anggota FKUB Nganjuk, sementara perwakilan dari FKUB provinsi dihadiri oleh Ir.H.Tamhid Masyhudi, FX.Rubbyyanto, DR.Ongky S Kuncono,SH,SE,MM.

Dalam sambutannya H.Sholihin,MHI ketua FKUB Nganjuk. Kondisi kerukunan Nganjuk sangat konduktif meski ada kerikil- kerikil kecil yang mengganggu itu sangat wajar sebagai dinamika perkembangan di lapangan.

Selanjutnya H.Sholihin,MHI mengatakan bahwa, pembedaan mana yang kegiatan ritual dan mana kegiatan seremonial. Pembedaan kegiatan itu akan memecahkan permasalah gesekan antar umat beragama. Dengan pembedaan tersebut tentunya kegiatan ritual harus diutamakan dan dipentingkan ketimbang kegiatan seremonial.Artinya bahwa bila ada 2 kelompok agama mengadakan kegiatan yang sama, maka kegiatan yang seremonial harus mengalah supaya tidak terjadi konflik.

Selanjutnya dikatakan bahwa kegiatan di Nganjuk dalam kunjungannya ke SMU selalu menerapkan etika kerukunan sebagai program FKUB Provinsi Jatim. Bagaimana menciptakan sikap dan perbuatan siswa untuk bertindak dan beretika. Di Nganjuk juga punya program Jambore kerukunan, program lain tidak kalah penting adalah dialog antar tokoh dan umat beragama yang tujuannya membuka komunikasi lebih intensif. Program lain adalah pemberdayaan umat terutama mengupayakan peningkatan kesejahteraan umat. Kalau rakyat makmur tentu akan jauh dari konflik. Yang terakhir bahwa melakukan kegiatan yang diarahkan kepada kaum ibu misalnya kerukuanan, KB. Saat sekarang yang menjadi masalah adalah pembangunan tempat ibadah, namun demikian hal ini bisa diatasi dengan baik.

Ir.H.Tamhid Masyhudi dalam sambutannya mengingatkan bahwa pentingnya studi banding didaerah yang dulunya konflik sekarang menjadi daerah yang sangat konduktif.Semua itu membutuhkan biaya yang tentunya harus didukung Kesbangpol.

Disisi lain dikatakan bahwa di Jerman ada tembok Berlin yang membentengi Jerman Barat dan Jerman Timur, di China ada tembok Great Wall yang juga membentengi agar lebih aman dari konflik. Khusus di Indonesia kita tidak perlu lagi membentengi hal tersebut, tetapi kita cukup memiliki etika kerukunan yang bisa membentengi konflik. Pentingnya etika kerukunan supaya kita bisa memahami apa apa yang tidak boleh dan apa apa yang boleh dilakukan oleh agama lain, sehingga kita bisa saling menjaga.

Bidang Pemerintaha dan Kesra yang disampaikan bapak H Khusaini,Msi, mengingatkan agar kondisi Nganjuk yang konduktif ini terus dijaga agar tetap harmonis.
Bapak Jonathan, peran FKUB mengarah pada masalah kerukunan, penguatan NKRI dan Pancasila.

Upaya upaya yang dilakukan FKUB dan Kesbangpol harus terus meningkatkan kerjanya bahkan terus menerus berperan aktif baik diminta atau tidak, disuruh atau tidak serta memberikan laporan dengan hati. Tugas kita besar yakni peran Kesatuan Bangsa khususnya membangun wawasan kebangsaan dan peran Politik. Berkaitan dengan kerukunan umat beragama, maka upaya- upaya yang bagus itu harus dijaga terus menerus.

Sementara bapak Teguh perwakilan Khonghucu Nganjuk menceritakan pengalamannya ketika kegiatan gotong Kimsin di Kediri ada kegiatan Liang Liong yang ternyata pemainnya dari kaum Khonghucu, Budha, Muslim dan Khatolik. Banyak penonton yang bertanya kok bisa begitu ? Jawabnya ya itulah Indonesia. Musik Liang Liong ditabuh secara harmonis bagaikan keharmonisan hidup bermasyarakat. Kegiatan semacam itu justru saling menjadikan saling guyup diantara masyarakat di Nganjuk.

Orang yang jatuh itu orang biasa, tapi orang yang jatuh dan bangun kembali adalah orang luar biasa (Jonathan).

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Xs. Kiem Berpulang

24-01-2018 Hits:446 Berita Foto

Xs. Kiem Berpulang

Kita semua telah kehilangan tokoh wanita Khonghucu Xs. Kim Giok Nio,ibunda dari aĺmarhum Js. Maria Anggelina.

Read more

Ketua Matakin Babel Turba Lagi

14-01-2018 Hits:319 Berita Foto

Ketua Matakin Babel Turba Lagi

Pengurus Matakin Prov Bangka Belitung, Dq. Tjhia Tet Hian, Dq. Suryanto Chandra, Js. Ngiat Hiung, Js. Jony Periady, dan beberapa...

Read more

Mengapa Ujian Rohaniwan Di Gunung Sindur ?

11-01-2018 Hits:275 Berita Foto

Mengapa Ujian Rohaniwan Di Gunung Sindur ?

Dalam khotbah Dr Ws.Ongky bercerita ketika nabi Konzi di negeri Chou mengatakan tiga hal yakni 1.dipadatkan 2. dimakmurkan 3. diberi...

Read more

Pembukaan Tahun Persatuan di Keuskupan Agung Jakarta

08-01-2018 Hits:483 Berita Foto

Pembukaan Tahun Persatuan di Keuskupan Agung Jakarta

Gereja Keuskupan Agung Jakarta, menyelenggarakan pembukaan tahun Persatuan secara serentak diseluruh penggembalaan gereja - gereja se-Keuskupan Agung Jakarta pada hari...

Read more

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

07-01-2018 Hits:362 Berita Foto

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

Ujian terbuka ini sudah pernah dilakukan di Pangkal Pinang Bangka Belitung dan menghasilkan rohaniwan sebanyak 6 rohaniwan dari 14 calon...

Read more

Rohaniwan Taat Asas

07-01-2018 Hits:168 Berita Foto

Rohaniwan Taat Asas

DAK Diklat Agama Khonghucu adalah salah satu program Matakin Pusat di bawah pengawasan Kabid Agama adalah progran pendidikan dan pelatihan...

Read more

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:738 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:1063 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:202 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:327 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 451-460

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 35 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com