spocjournal.com

FKUB Jatim Turba

 Rapat koordinasi dan silaturahim FKUB Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Mojokerto, Bupati dan para Camat, Bakesbangpol, Kapolres dan beberapa unsur pemerintahan. Hadir FKUB Provinsi Jatim Ir.Tamhid Masyhudi, FX. Rubbiyanto dan Dr.Ongky S Kuncono,SH,SE,MM

Sambutan KH.Masrul Ismail sebagai Wakil FKUB Kabupaten Mojokerto mengatakan kalau dunia ini mau aman dan damai, belajarlah di Indonesia karena di Indonesia ini bermacam-macam agama, suku bangsa yang sampai saat sekarang secara umum hidup secara rukun dan damai.

Agama adalah pilihan yang menyangkut keyakinan. Disamping kita beda keyakinan tetapi kita sama-sama yakni Indonesia. Masalah agama adalah masalah keyakinan yang tidak bisa dipaksakan.Silahkan kita berbeda agama, mari kita bina umat kita masing-masing tanpa intervensi pada agama lain. Membina kebersamaan ini penting agar tetap utuh.

Saat sekarang dimana banyak orang yang tidak suka Indonesia bersatu, maka melalui media sosial banyak isu yang bersifat menghasut yang bisa merusak kesatuan bangsa. Menurut Dr.Ongky bahwa FKUB harus bisa membuat berita positif setiap saat sebagai penyeimbang informasi negatif yang beredar.

Bapak H Agus Hanas sebagai asisten 1 yang mewakili Bupati Mojokerto. Dalam pidatonya mengatakan bahwa tokoh masyarakat dan para tokoh agama memiliki peranan penting agar terus memberikan pemahaman akan NKRI kususnya pentingnya persatuan dan kesatuan. Sambutan Tamhid, dari kita semua harus menjaga apa yang boleh dan apa yang tidak boleh untuk kita terapkan dalam kehidupan beragama.Hanya dengan cara demikian kita akan terjaga dari persatuan dan kesatuan.

Grojokan jadikan Kricikan, air mancur yang besar diupayakan untuk dikecilkan artinya masalah besar dikecilkan dan malah kecil dihilangkan. Itulah konsep yang diterapkan bila ada masalah di Kabupaten Mojokerto. Kalau ada masalah diantara umat beragama harus saling memahami dan menjaga supaya dalam kondisi konduktif.

Kunjungan di FKUB Kabupaten Jombang disamping ada FKUB juga ada (FKWUB) Forum Kerukunan Wanita Umat Beragama dan juga (FKPUB) Forum Kerukunan Pemuda Umat Beragama kata Bapak Mas'ud dalam sambutan awalnya. Dalam pertemuan tersebut hadir dari Khonghucu Ibu Js.Yeni Sujiono. Keunikan FKUB Jombang menjadi hal yang menarik dan bisa dicontoh oleh FKUB lainnya.

Sebelumnya di Jombang sudah ada FKMJ 1998 Forum Komunikasi Masyarakat Jombang. Tujuannya melakukan serangkaian aksi menggalang komunikasi dan persatuan antar umat.

Di Jombang di dusun Ngepeh-Ngoro adalah dusun percontohan Pancasila sejak tahun 1992. Dusun ini keunikannya ada tempat ibadah yang berdekatan baik Pura, Gereja dan Masjid. Disana ada siaran radio bernama Budi Luhur yang dinikmati oleh semua umat beragama. Ketika hari raya juga ada tradisi saling kunjung mengunjung. Mereka saling bahu membahu dan hidup damai dan rukun secara berdampingan. Ada 3 program kerja yang sudah dilakukan di dusun tersebut 1)Kerukunan 2)Pemberdayaan ekonomi 3) Komunikasi sosial. Semuanya itu tumbuh dan berkembang secara alami dari hasil interaksi di masyarakat. Sudah banyak kunjungan dari mancanegara yang melihat langsung ke dusun tersebut baik dari Amerika, Saudi, Belanda dan beberapa negara lainnya.

Jombang termasuk salah satu kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan kota Harmoni se Asean 2017. Tanggal 27-30 akan ada pertemuan dari pemuda-pemuda Asean yang berbeda keyakinan dan agama untuk membicarakan kerukunan. Acara akan diadakan di Pondok Darul Ulum. Bahkan ada negara negara lain seperti China, Amerika dan Australia yang sudah siap hadir.

Hari ini kunjungan ke Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang. Besok direncanakan ke Nganjuk.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:17 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:87 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:212 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:293 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:352 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:294 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:166 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:134 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:150 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:168 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 118 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com