spocjournal.com

Pangkal Pinang, 11 Pebruari 2017, Kebaktian Dan Perayaan  Imlek 2568 Kongzili Di Pangkal Pinang Berjalan Lancar Dan Damai

Kebaktian Imlek di Pangkal Pinang dihadiri umat Khonghucu dari seluruh MAKIN yang ada di Provinsi Babel lebih dari 700 umat dan juga anggota DPR, ketua Kelenteng Kwanti Miao Pangkalpinang. Kebersamaan dan kerukunan umat sangat terasa. Pengadaan konsumsi dilakukan secara gotong royong yaitu dari umat untuk umat, terutama peran ibu-ibu PERKHIN. Berita gembira pada acara kebaktian ini diumumkan anggota DPR, Pak Eko akan menghibahkan Tanah untuk dibuatkan Kong Miao/Lithang dan sekolah.

Acara tersebut diatas dihadiri juga oleh perwakilan Deroh Matakin Dr.Drs.Ws.Chandra Setiawan,MM,Ph.D. Kebetulan Pak Chandra membawakan khotbah dalam acara tersebut.

Khotbah yang berjudul Menjadi Rakyat Baru memukau para peserta undangan.Sebelum khotbah diakhiri Ws.Chandra meminta umat bangkit berdiri lalu memimpin doa. Kebetulan Isi doa tersebut sebenarnya merupakan rangkuman khotbah yang dibawakan Ws.Chandra Setiawan.Ini menunjukkan bahwa umat dengan gembira mendengarkan siraman rohani.

Menurut ketua Matakin Babel Thjia Tet Hian beberapa pengurus dan umat yang datang dari Tajung Ular 35 orang, Jebus 15 orang, Sungai Liat 70 orang, Merawang 60 orang, Pangkal pinang sekitar 350 orang termasuk dari Perkhin. Diperkirakan kurang lebih 1000 umat dan para undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Selesai kebaktian dilanjutkan dengan ramah tamah, bahkan anggota Brimob ikut berphoto bersama.

Acara prosesi ibadah Imlek terasa menggema ketika para petugas upacara berdiri di depan altar dan sementara para rohaniwan berjejer dibelakangnya dengan memakai Hong Ling Dai.Sehingga nampak lebih rapi dan indah.

Selanjutnya setelah berhasilnya acara Imlek ini direncanakan akan diadakan upacara Peh Cun di Pangkal Pinang yang dihadiri oleh umat Khonghucu dari seluruh Indonesia.Mudah mudahan niat baik tersebut bisa terlaksana kata Pak Tet Hian

Keberhasilan acara Imlek Pangkal Pinang diatas tentu saja tidak lepas dari dukungan dan kerjasama beberapa pihak serta kerja keras pengurus Matakin. Oleh karena itu Kabid Agama Ws.Ongky memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada kepengurusan Matakin Babel di bawah pimpinan Tjhia Tet Hian, semoga Khonghucu semakin berjaya di Babel.

Berbagai atraksi seperti Barongsai menambah meriah acara tadi malam.

Tepat tanggal 11 pebruari 2017 kebetulan Hari Ulang Tahun Bapak Thjia Tet Hian ke 58.Dalam kesenpatan tersebut diadakan profesi potong kue Ultah juga .

Nampak bapak Tjhia Tet Hian beserta istri meniup lilin ultah disaksikan oleh para rohaniwan Khonghucu dan umat.

Selamat Ulang Tahun Bapak Tjhia Tet Hian ke 58 semoga panjang umur,bahagia dan selalu sukses dalam memimpin Umat Khonghucu di Babel tercinta ini.

Salah satu perwakilan Dewan Rohaniwan Matakin Ws.Chandra Setiawan

Ketua Matakin Pusat Drs.Uung Sendana L Linggaraja,SH yang diperkirakan hadir dalam acara tersebut tidak nampak karena banyak tugas yang harus diselesaikan di Jakarta. Namun demikian kehadiran salah satu anggota Deroh Matakin Dr.Drs.Ws.Chandra Setiawan,MM,Ph.D memberikan semangat yang tak ternilai harganya kata Pak Tet Hian.

Semoga apa yang telah dilakukan oleh Matakin Babel menjadi inspirasi buat kemajuan agama Khonghucu Indonesia. Shanzai

Js.Ngiat Hiung, seorang rohaniwan Khonghucu sekaligus sebagai Kepala Desa di sana mengatakan bahwa dengan Imlek memberikan spirit Kebersamaan dalam Perayaan Hari Raya Imlek 2568 Kongzili di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung .

Selanjutnya Js.Ngiat Hiung memberikan ungkapannya sebagai berikut:
Untaian dua batang bambu yg digelayuti lampion di kiri kanan altar Nabi Kongzi menambah semarak dekorasi Altar Nabi dalam perayaan hari raya Imlek 2568 Kongzili di Provinsi Bangka Belitung yang dipusatkan di Gedung Setia Bakti Pangkalpinang.

Berdasarkan keputusan Dewan Pengurus Pusat Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia, hari raya Imlek 2568 mengangkat tema " Junzi lambat bicara tangkas bekerja ".
Perayaan hari raya Imlek 2568 Kongzili di Babel juga mengangkat tema yang sama.

Pukul 16.00 lewat satu persatu mobil dan bus yg membawa umat Khonghucu dari berbagai daerah Bangka Belitung mulai memasuki tempat parkir yang telah disediakan. Alunan lagu rohani agama Khonghucu mengiringi saat umat menyantap berbagai makanan yg dibawa oleh seluruh Makin yg ada di Bangka Belitung. Gelak tawa suka cita penuh semangat kekeluargaan yang diiringi alunan lagu" rohani Khonghucu menciptakan suatu kesan yg mendalam, yg menumbuhkan rasa kebanggaan penulis menjadi bagian dari Umat Khonghucu yang tetap Satya dengan Iman Khonghucunya.

Pukul 18.30 wib ibadah perayaan hari raya Imlek 2568 Kongzili dimulai saat pembawa acara membunyikan genta. Suasana begitu damai dan khidmat saat lagu Ya Tuhan ku dinyanyikan oleh seluruh peserta mengiring pimpinan upacara Js. MOK PIANG LIOENG dan seluruh Rohaniwan agama Khonghucu berjalan menuju posisi masing".

Alunan kidung Wei De Dong Tian yg dinyanyikan seluruh peserta yg kurang lebih hampi 1000 umat saat Js. MOK PIANG LIOENG menaikkan dupa membawa perasaan larut akan Kebesaran Tian.

Seusai prosesi sembahyang, Dr . Drs.Ws Chandra Setiawan MM,Ph.D menyampaikan khotbahnya yg berjudul " menjadi rakyat baharu ", yang dipetik dari kitab Da Xue. "Umat Khonghucu harus berusaha senantia menjadi baharu setiap waktu, harus ada perubahan diri yg baik dari waktu ke waktu. Dengan berupaya terus memperbaharui diri, umat Khonghucu akan berhasil menggenapi jati dirinya selaku manusia yang akan berhasil menggapai Cita dan Asanya. Dengan semangat terus berupaya memperbaharui diri, umat Khonghucu akan menjadi " Duta Kebajikan " di dalam menjalankan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat , berbangsa dan bernegara. Dengan mengimani serta mengaplikasikan ajaran agama Khonghucu dalam kehidupan ini, umat Khonghucu tidak hanya akan menjadi berguna buat dirinya sendiri saja, melainkan akan berguna buat orang banyak, yang akan berdampak terciptanya kedamaian di muka bumi ini sebagaimana yang dicita-citakan Nabi Kongzi.

Di saat tipisnya rasa toleransi antar umat beragama dan merosotnya nilai-nilai kebhinnekaan di Negeri ini, semoga umat Khonghucu Indonesia dapat memberi contoh dan tauladan akan betapa indahnya Kebersamaan. Hal ini selaras dengan cita" Nabi Kongzi " , pungkasnya, "saya bangga akan semangat gotong royong dan kebersamaan yg ditunjukan oleh umat Khonghucu Bangka Belitung malam ini. Apa yg telah dilakukan oleh para tochien hari ini mengaplikasukan dari tema hari raya Imlek 2568 Kongzili tahun ini, Junzi lambat bicara tangkas bekerja. Tanpa banyak bicar seluruh umat telah bergotong royong bekerja dalam mensukseskan perayaan hari raya Imlek 2568 Kongzili ini. Ucapan terimakasih dan apresoasi yang mendalam saya sampaikan kepada panitia dan seluruh umat Khonghucu Bangka Belitung atas terselenggaranya perayaan hari raya Imlek pada hari ini. Saya berharap kepada seluruh rohaniwan agama Khonghucu Bangka Beliting agar dapat menjadi contoh dan tauladan kepada seluruh umat lewat ucapan maupun prilaku yang baik serta pengabdian dalam pelayan yang setulus-tulusnya. Saya yakin, upaya-upaya yg berkebajikan yg di berikan suatu ketulusan akan kembali kepada kita walaupun sedikit adanya. Ucapan terimakasih juga atas nama seluruh umat Khonghucu Bangka Belitung saya sampaikan kepada bapak Eko Wijaya anggota DPR RI yang pada malam ini telah menyumbangkan lahannya seluas 2000m persegi buat umat dan lembaga agama Khonghucu Bangka Belitung. Semoga dengan upaya-upaya yang terus menerus dan kerjasama seluruh umat kita akan dapat mendirikan Kong Miao dan pusat pembelajaran agama Khonghucu di atas lahan tersebut ". kata ketua Matakin Bangka Belitung Dq Tjhia Tet Hian.

Bertepatan dengan perayan hari raya Imlek 2568 Kongzili ini juga, ketua Matakin Bamgka Belitung bapak Thia Tet Hian juga berulang tahun yg ke 58 tahun. Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi pak Thia Tet Hian yg luar biasa bagi umat dan lembaga agama Khonghucu di Bangka Belitung, seluruh umat menugaskan Js. NGIAT HIUNG untuk memimpin doa ulang tahun yg diikuti oleh seluruh umat buat beliau.

Selamat ulang tahun ke 58 Pak Tet Hian. Terima kasih atas dedikasi bapak buat kami semua. Semoga Tian mengaruniahi bapak dengan banya berkat. Sehat selalu dan banyak bahagia senantiasa hadir dalam kehidupan bapak. Dan semoga umat dan lembaga agama Khonghucu terus tumbuh dan berkembang di negeri serumpun sebalai ini dalam koordinasi bapak. Shanzai kata Js.Ngiat Hiung .

 

 

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:87 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:237 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:320 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:256 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:134 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:98 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:118 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:137 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Bersama Setiadi Joyosentoso

04-03-2018 Hits:553 Berita Foto

Bersama Setiadi Joyosentoso

Setiadi Joyosetoso bos PT. Surya Putra Barutama yang beralamat di jalan Kedurus 23 adalah sosok seorang bisnisman yang merangkak dari...

Read more

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

03-03-2018 Hits:265 Berita Foto

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

Pagi ini rombongan menuju pasar tradisionil. Pasar tersebut tidak seperti pasar lainnya yang kelihatan jorok. Di dekat pasar ada bubur...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 60 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com