spocjournal.com

Gema Suara Imlek 2568 Kongzili Oleh Makin Tegal, Matakin Kaltim Dan Matakin Pangkalpinang

 

Perayaan Tahun Baru Imlek Makin (Majelis Agama Khonghucu Indonesia) kota Tegal dirayakan di gedung pertemuan Sangrila pada hari minggu, 5 Februari 2017. Kerja keras oleh panitia akhirnya perayaan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam acara tersebut dihadiri kurang lebih 2000 orang yang terdiri dari umat Khonghucu, peserta arisan Makin Tegal dan simpatisan Khonghucu, nampak juga para pejabat kota Tegal seperti Anggota DPRD tingkat 1, Walikota Tegal,Wakil Walikota, Forkominda, seluruh ketua SKPD Kota Tegal, beberapa ketua komisi dan anggota DPRD tingkat 2, Kakemenag, MUI, Muhamadiah, NU, PUKAT , BKSG, Metta Vihara, Meditacion Centere, Hindu Dharma, Yayasan Tri Dharma Klenteng Tek Hay Kiong Tegal, Klenteng Ban Eng Bio Banjaran, klenteng Hok Im Tong Slawi, Kelenteng Hok Tek Bio Brebes, Makin Banjaran, Makin Brebes, Makin Pekalongan, Makin Cirebon kata Js.Inggried sebagai sumber berita.

Acara dibuka dengan pertunjukan Barongsai, koor anak SM dan Pakin (Pemuda Agama Khinghucu Indonesia) Tegal. Pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan doa, sambutan Ketua Makin Tegal, sambutan walikota Tegal. Dalam acara tersebut beliau secara pribadi memberikan bantuan binaan buat anak anak sejumlah 5 juta. acara juga dimeriahkan oleh dance oleh ibu-ibu dari Wakin (Wanita Agama Khonghucu Indonesia), juga dance Sinarmas (dari bank Sinarmas), penyanyi Huang jia meh pontianak. Acara semakin meriah ketika panitia menyediakan doorprice 2 unit sepeda motor. Menurut Js.Inggried sebagai sekretaris Panitia Perayaan Imlek Makin Tegal kali ini acaranya sangat menarik sehingga banyak undangan yang datang dalam acara tersebut. Diluar dugaan banyak tamu yang datang tidak mendapatkan tempat alias berdiri. Ini menunjukkan antusias masyarakat terhadap Perayaan Imlek semakin meningkat.

Ketua panitia ibu Tan Lie Cu tidak menduga jika acara tersebut mendapatkan perhatian dari seluruh komponen masyarakat yang ada sehingga acara tersebut bisa terselenggara dengan baik

Ketua Makin Tegal Lie Ing Liong dalam pidatonya menekankan pentingnya kebersamaan dan saling menghormati diantara pemeluk umat beragama. Perbedaan adalah kondrat yang harus dijunjung tinggi , kita harus banyak bekerja sedikit bicara.Tema Imlek tersebut tak bedanya dengan Tema Imlek Nasional Matakin. Lie Ing Liong selanjutnya mengatakan dengan Imlek ini kita memiliki harapan untuk menjadikan umat Khonghucu khususnya di Kota Tegal dapat lebih menghargai pendapat orang lain dan dapat bekerjasama lebih baik lagi.

Sehingga untuk kedepan nya MAKIN Kota Tegal semakin jaya dan semakin maju. Sesuai tema TBI tahun ini "Seorang berbudi (Junzi) sedikit bicara tangkas dalam bekerja."

Perayaan Imlek kali ini dihadiri oleh berbagai pemeluk agama atas undangan Makin (Majelis Agama Khonghucu ) Tegal hal tersebut menunjukkan banyaknya dukungkan simpatisan Khonghucu dan juga menunjukkan bahwa hubungan antar umat bergama di Tegal sangat konduktif. Tak heran bila Walikota Tegal hadir dalam acara tersebut untuk memberikan dukungan kepada umat Khonghucu.

Seperti kita ketahui bahwa sebelum perayaan Hari Raya Imlek 2568 Kongzili, Makin Tegal telah open house pada tanggal 29 selanjutnya dilanjutkan dengan kebaktian dan persembahyangan sebagai acara ritual.

Banyak umat yang hadir ikut sembahyang bersama sehingga ruangan Lithang nampak penuh. Semoga apa yang telah dilakukan oleh Makin Tegal akan menjadikan semangat baru bagi umat Khonghucu untuk lebih mendekatkan diri pada Tian Yang Maha Esa. Imlek merupakan sarana bertemunya keluarga untuk bersama sama menghadap kepada Tian sebagai rasa syukur telah mengisi kehidupan selama setahun. Mulailah mengoreksi diri agar di Tahun baru ini lebih bisa menjalankan kehidupan lebih baik dan lebih baik.

Seperti ajaran Khonghucu yang menganjurkan kepada umatnya agar selalu memperbaharui diri setiap hari. Hari ini harus lebih baik dari hari kemaren, hari yang akan datang harus lebih baik dari hari ini. Hanya dengan demikian kita akan menjadi rakyat yang selalu baharu.

Ditempat terpisah kita saksikan perayaan Imlek oleh Matakin Kaltim di Samarinda.Ketua Matakin Tundra Kosasih begitu semangatnya menjadikan Imlek di Samarinda begitu meriah.

Juga kita saksikan Matakin Bebel dibawah pimpinan Dq.Tet Hian yang selalu membuat masyarakat Babel lebih semangat lagi. Dalam kesempatan itu juga berkumpul rohaniwan Khonghucu untuk menerima pencerahan oleh Dr.Drs.Ws.Chandra Setiawan,MM,Ph.D kata ketua Matakin Babel.

Semoga Imlek 2568 Kongzili ini menjadikan umat Khonghucu di seluruh Indonesia semakin beriman kepada Tian Khalik Semesta Alam. Shanzai.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:453 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:944 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:135 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:257 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:154 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Mengajar Dan Kunjungan

25-09-2017 Hits:420 Berita Foto

Mengajar Dan Kunjungan

Pada tanggal 23 September 2017 saya mengajar S2 program M.Ag di UIN Syarif Hidayahtullah Jl.Cempaka Putih Tangerang Selatan Banten.

Read more

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:309 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:241 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:185 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:735 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 85 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com