spocjournal.com

Gema Imlek Nasional Di TMII Dan Kunjungan 7 Kelenteng

Jakarta, 4 Pebruari 2017 Ketua Matakin Drs.Uung Sendana L Linggaraja,SH mengatakan bahwa Perayaan Tahun Baru Imlek 2568 Kongzili Tingkat Nasional diselenggarakan oleh Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) untuk ke 18 kalinya sebagai perayaan keagamaan Khonghucu pada tanggal 4 Februari 2017 sejak Pkl. 09.00 - 19.00 bukan sekedar menampilkan kesenian di dalam gedung Teater Bhinneka Tunggal Ika TMII dan dihadiri lintas etnis dan agama serta pejabat negara tapi juga mengajak para pedagang kecil kuliner untuk ikut berjualan dalam bazar pesta rakyat 1000 Lampion, MATAKIN juga mengajak anak-anak jalanan untuk hadir menikmati makan gratis, bermain di TMII, menikmati kesenian dan mereka sendiri menampilkan seni. Perayaan terasa sempurna dengan persembahyangan kehadirat Tian di Tian Tan Kelenteng Kong Miao TMII pada Pkl. 13.00 WIB dipimpin oleh Ketum Matakin dengan panduan Xueshi Eka Wijaya. Inilah perayaan tahun baru Imlek Indonesia kita tercinta yang Bhinneka Tunggal Ika. Tahun Baru Imlek momen mempersatukan dan mempererat ikatan persaudaraan, bukan merenggangkan dan memecah belah. Sungguh Indah negara Indonesia berdasar Pancasila.

Perayaan Imlek kali ini lebih mengarah pada acara ritual ketimbang hura hura sebab tidak kurang 400 rohaniwan Khonghucu di seluruh Indonesia akan hadir dalam prosesi ritual di Kelenteng Kong Miao TMII untuk kebaktian akbar. Diperkirakan 2 ribu lebih umat Khonghucu akan hadir dalam acara itu.

 

Menurut Pak Uung bahwa umat Khonghucu dan pemirsa tv di Jabodetabek, Lampung, Pekanbaru, dan bbrp kota lainnya dapat menyaksikan siaran Langsung Perayaan Hari Raya Tahun Baru Imlek Nasional 2568 Kongzili yang diselenggarakan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) di Inspirasi TV (InTv), dulu Banten TV Pukul 16.00-17.30 WIB.
Juga buka InTv bisa live streaming dengan mengakses http://www.intv.id/live.php dan bisa juga melalui smartphone

Sementara sumber yang didapat dari Ws.Vekky bahwa ada beberapa acara penting berkaitan dengan perayaan hari raya Imlek 2568 Kongzili yakni :

1. Persembahyangan Besar Jing Tian Gong skala Matakin, akan diadakan malam di Tiantan Kong Miao TMI.
Bagi mereka yangg mengikuti acara perayaan TBI dan ingin lanjut mengikuti sembahyang besar JTG dapat bersama dalam Sembahyang Besar JTG ini.

Kami akan kedatangan dq. Ir. Dedy Tjia MM (pengurus DP Matakin bidang Dana/Usaha, beliau berasal dari komunitas Samkauw) untuk diskusi bersama. Sebelum jam upacara JTG mulai kita bisa mendengarkan cerita dan info atau diskusi bersama tentang Tridharma.

2. Adapun untuk Sembahyang JTG skala DKI Jakarta akan diadakan esok pagi, dan dipusatkan di Litang Makin Jakarta Barat. Upacara akan dipimpin oleh Xs Masari Saputra, doa/biaowen akan disampaikn dalam model bahasa kitab dan Indonesia.

Di tempat terpisah kita saksikan rombongan komunitas Kelenteng Sidoarjo yang dipimpin oleh Eko Kartio dll memiliki acara unik dalam Imlek kali ini. Mereka bersama 30 rombongan mengunjungi dan sembahyang di 7 Kelenteng. Menurut Eko Kartio acara ini sebagai sarana pembelajaran sembahyang di Kelenteng sekaligus memberikan tauladan bagi generasi muda.

Perayaan Hari Raya Imlek kali ini sangat strategis sekali mengingat bahwa kondisi bangsa Indonesia sedang memanas karena adanya Pilkada serentak.Khususnya suhu politik di Jakarta saat sekarang yang lagi hangat hangatnya. Kami menghimbau umat Khonghucu untuk selalu waspada dan memberikan ketauladanan dan kesejukan . Tiap tiap dari kita memiliki kontribusi dalam menciptakan perdamaian. Seperti yang di disabdakan Nabi Kongzi ketika beliau ditanya mengapa tidak membantu pemerintah ? Nabi Kongzi dengan lantang mengatakan bahwa kalau kita mau membantu pemerintah tidak perlu menjabat atau menjadi pejabat. Sebagai seorang Junzi cukuplah kita menciptakan kedamaian dalam rumah tangga melalui perbuatan baik atau Ren (Cinta Kasih ) kepada antar anggota keluarga. Kalau dalam keluarga damai dan rukun, maka kita telah membantu negara dalam kerukunan dan kedamaian.

Dalam momen Imlek saat sekarang kami memohon agar semua umat Khonghucu membangun kedamaian dan kerukunan baik rumah tangga, masyarakat maupun negara.Hanya dengan cara ini kita telah menjalankan apa yang diperintahkan Tian (Tuhan YME) melalui bimbingan Nabi Agung Kongzi.

Keluarga Eko Kartio

 

Khususnya menghadapi Pilkada serentak ini dimohon tidak share berita berita yang mengadu domba dan bisa menimbulkan perpecahan bangsa.Marilah kita semua menjadi pelopor kedamaian dan tetap menghargai supremasi hukum yang berlaku di Indonesia.Demikianlah bahwa seorang Junzi (Umat Khonghucu sejati ) taat dan menghargai hukum serta cinta tanah air sebagai tanah kelahiran yakni Indonesia.

Keluarga Ws.Vekky

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:87 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:237 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:320 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:256 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:134 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:98 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:118 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:137 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Bersama Setiadi Joyosentoso

04-03-2018 Hits:553 Berita Foto

Bersama Setiadi Joyosentoso

Setiadi Joyosetoso bos PT. Surya Putra Barutama yang beralamat di jalan Kedurus 23 adalah sosok seorang bisnisman yang merangkak dari...

Read more

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

03-03-2018 Hits:265 Berita Foto

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

Pagi ini rombongan menuju pasar tradisionil. Pasar tersebut tidak seperti pasar lainnya yang kelihatan jorok. Di dekat pasar ada bubur...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 58 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com