spocjournal.com

Kebaktian Imlek 2568 Kongzili Matakin Babel

 Oleh: Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Persiapan Kebaktian Hari Raya Imlek 2568 oleh Matakin (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia) di Provinsi Kepulauan  Bangka Belitung telah disiapkan dengan  matang.  Ketua Matakin Bangka Belitung Dq. Tjhia Tet Hian telah memasang 60 spanduk ucapan Hari Raya Imlek di titik-titik yang sangat strategis. Hal ini penting sekali agar masyarakat Babel memahami bahwa Imlek itu merupakan Hari Raya Agama Khonghucu bukan yang lainnya kata Dq. Tjhia Tet Hian. Momen Imlek ini menjadi sarana untuk berkumpul umat, saling bersuka cita menyambut tahun baru dan saling berbagi kepada masyarakat.



Tanggal 11 Februari 2017 di Gedung Setia Bhakti yang memuat seribu orang tentu saja tidak akan muat dalam kebaktian Hari Raya Imlek mendatang, karena diperkirakan undangan semakin bertambah dibandingkan dengan tahun yang lalu. Pada tanggal 11 Februari mendatang  umat Khonghucu dari Makin (Majelis Agama Khonghucu) baik Bangka maupun Belitung, Perkin (Perhimpunan Perempuan Khonghucu Indonesia), pakin, dan umat simpatisan dan beberapa umat Kelenteng serta murid sekolah Srijaya di Sungai Liat akan menghadiri acara tersebut.


Kebaktian Hari Raya Imlek akan menjadi menarik sekali karena disamping kita beribadat melalui prosesi kebaktian juga ada khotbah Imlek serta musik-musik yang mengiringi. Kondisinya akan berbeda sekali ketika alunan lagu  Wei De Dong Tian dinyanyikan secara setentak oleh ribuan orang. Tentu saja akan menggetarkan jiwa kita sekaligus menjadi inspirasi yang sangat mengàgungkan.

Semoga rencana baik yang digagas oleh Matakin Babel sukses selalu. Semua orang akan yakin bisa sukses dibawah koordinasi Dq. Tjhia Tet Hian sebagai Ketua Matakin.


Profil Pak Tjhia Tet Hian yang ramah dan suka senyum memang tokoh yang tidak banyak bicara melainkan suka bekerja. Sikap yang demikian itu menjadikan banyak kalangan yang simpati kepada beliau. Apa yang telah dilakukan beliau pertama kali menjabat sebagai Ketua Matakin adalah konsolidasi kedalam sehingga persatuan dan kesatuan pengurus dan umat menjadi tujuan utama . Kedua beliau mampu melobi berbagai kalangan di sana sehingga banyak dukungan yang mengalir. Ketiga,beliau suka bermusyawarah dalam setiap menghadapi persoalan organisasi. Tak heran jika DAK (Diklat Pendidikan dan Pelatihan Agama Khonghucu ) pertama kali diselengarakan oleh beliau dengan bekerja sama dengan Matakin pusat. Beliau juga mengadakan Peringatan Hari Lahir Nabi Kongzi pertama yang dihadiri kurang lebih seribu orang. Kiprah dan sepak terjang beliau patut mendapatkan apresiasi.



Untuk meningkatkan pelayanan umat beliau juga mengupayakan untuk mencetak rohaniwan-rohaniwan khususnya tingkat Js agar bisa mendorong kemajuan agama di wilayah Babel. Sudah hampir 15 rohaniwan baru di cetak dalam 2 periode pasca Harlah Nabi Kongzi dan Imlek semasa beliau menjabat.  Tentu saja banyak tokoh pendukung seperti Dq. Chandra, Js.Ngiat Hiung, Js.Taufik Salim (sesepuh kita), Js.Poderi dan banyak lagi tokoh lainnya.


Dalam kebaktian Harlah Nabi Kongzi tahun yang lalu, Matakin Babel mengadakan juga Li Yuan umat sebanyak 600 umat di Gedung setia Bhakti. Ini adalah Li Yuan terbesar yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah. Mudah mudahan Pangkal Pinang menjadi tauladan baik yang bisa dicontoh oleh tempat tempat lainnya  di Indonesia. Apa yang menjadi kunci kesuksesan adalah  bekerja tanpa mengeluh, berkarya tanpa minta imbalan.



Pantas apabila Ketua Matakin Pusat Drs. Uung S Linggaraja ,SH memberi apresiasi kepada Matakin Babel. "Ko Tet Hian adalah orang yang supel dan banyak teman, itu salah satu hal yang sangat penting dalam memimpin organisasi keagamaan."


DR.Drs.Ws.Chandra Setiawan,MM,Ph.D dihubungi terpisah mengatakan " Ya syukurlah beliau (Tjhia Tet Hian) bisa memimpin dan menyatukan MAKIN-MAKIN dan juga beliau bisa memberi motivasi rohaniwan untuk berani tampil


Kalau kita pergi ke Pangkal Pinang tentu suasana Imlek disana sangat terasa sebab masyarakat disana sangat menghormati Hari Raya Imlek sebagai hari raya yang sangat ritual. Banyak  Kelenteng Kelenteng yang dipadati umat pasca Imlek tersebut.
Pangkal Pinang adalah pulau yang banyak menghasilkan madu asli dan juga ikan asin tengiri yang enak. Tempat oleh oleh Kerupuk dan otak otak menjadi andalan di pulau tersebut. Jikalau para teman teman Khonghucu ingin datang ke Pangkal Pinang dalam ikut kebaktian Hari Raya Imlek mendatang, jangan lewatkan untuk membawa oleh oleh khas dari sana. Khususnya bagi mereka yang suka makan sambal, terasi khas Tomboali  sangat aduhai sekali. Semua itu adalah daya tarik tersendiri yang sangat beda dengan daerah daerah lainnya. Disisi lain anda bisa juga belanja pakaian khas Pangkal Pinang di toko yang ada di dalam Hotel Mitra. Uniknya Hotel Mitra ada altar sembahyangan Nabi Kongzi . Biasanya di Hotel Mitra tersebut juga diadakan kebaktian Agama Khonghucu. Anda bisa menyekolahkan anak anak di Sekolah Khonghucu Srijaya dibawah pimpinan bapak Sunoto. Sekolah yang mengajarkan ilmu pengetahuan degan memadukan etika moral serta Iptek nya. Meski sekolah jauh dari kota namun tidak kalah kualitasnya dengan sekolah sekolah lain.




Js. Taufik Salim

 

 

Semoga kebaktian Tahun Baru imlek akan mempertebal iman umat dan mendorong umat utk lbh memahami makna hakiki tahun baru imlek sebagai salah satu hari raya keagamaan Khonghucu.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:453 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:944 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:135 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:257 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:154 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Mengajar Dan Kunjungan

25-09-2017 Hits:420 Berita Foto

Mengajar Dan Kunjungan

Pada tanggal 23 September 2017 saya mengajar S2 program M.Ag di UIN Syarif Hidayahtullah Jl.Cempaka Putih Tangerang Selatan Banten.

Read more

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:309 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:241 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:185 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:735 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 86 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com